/* TAG HALAMAN */

Ciri - Ciri Tahap Perkembangan Suatu Negara




Tahap perkembangan suatu negara dikemukakan oleh W.W.Rostow, seorang ekonom dari Amerika Serikat, dalam bukunya yang berjudul Stages of Econimic Growth ( Tahapan - Tahapan Pertumbuhan Ekonomi ) terbagi menjadi lima tahapan, dengan nama dan ciri - ciri sebagai berikut.
  1. Tahap Masyarakat Tradisional ( Traditional Society Stage )
  2. Tahap Prakondisi Lepas Landas ( Precondition for Take Off Stage)
  3. Tahap Lepas Landas ( Take Off Stage )
  4. Tahap gerak maju Kematangan ( Drive for Maturity Stage )
  5. Tahap Konsumsi Massa Tinggi * Age of High Mass Consumption Stage)

1. Tahap Masyarakat Tradisional ( Traditional Society Stage ), antara lain kondisi masyarakat yang belum produktif, cara berproduksi dan pola perekonomian yang dijalankan masi tradisional, sistem dan pola kerja yang telah ada masih bersifat tradisi/turun - temurun, perekonomian dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sendiri ( belum berorientasi pasar ), serta mata pencarian masyarakat di sektor pertanian.

2. Tahap Prakondisi Lepas Landas ( Precondition for Take Off Stage), antara lain terjadi perubahan pola kerja dan sistem disegala bidang, baik sosial, ekonomi, budaya, maupun politiknya, sudah mengenal dan menggunakan teknologi untuk produktif dan efisien, sudah muncul kesadaran menabung yang lebih produktif di lembaga - lembaga keuangan, serta kegiatan perekoomian terus bergerak ke arah kemajuan.

3. Tahap Lepas Landas ( Take Off Stage ), antara lain semakin berkembangnya usaha - usaha produksi, terciptanya sebagai pembaruan yang lebih produktif dan efiesien di segala bidang, sektor produksi merupakan dominan yang memacu pertumbuhan ekonomi, serta semakin meningkatnya pendapatan per kapita dan pendapatan nasional.

4. Tahap gerak maju Kematangan ( Drive for Maturity Stage ), antara lain sektor ekonomi mengalami pertumbuhan yang terus - menerus, penggunaan teknologi modern pada masyarakat semakin meluas, semakin mantapnya struktru ekonomi negara, negara mampu menginvestasikan pendapatan nasionalnya ( 10% - 20% ), serta industri modern semakin berkembang, terutama industri yang padat modal.

5. Tahap Konsumsi Massa Tinggi * Age of High Mass Consumption Stage), ciri - cirinya semakin meninkatnya pendapatan masyarakat, sehingga mampu memenuhi kebutuhan sehingga pada tingkat pemenuhan kebutuhan sekunder bahkan tersier, serta perkembangan industri mencapai tahap tertinggi dengan kemampuan sumber daya manusia yang sudah mencapai taraf ahli.

0 Response to "Ciri - Ciri Tahap Perkembangan Suatu Negara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel