/* TAG HALAMAN */

Pengertian Dialog Interaktif


Apa yang dimaksud dengan dialog Interaktif?
Dialog Interaktif adalah percakapan yang dilakukan di televisi atau radio yang dapat melibatkan pemirsa dan pendengar melalui telepon. Adapun narasumber yang dipilih adalah orang yang tahu persis tentang informasi yang ingin disampaikan. Salain itu, kamu juga dapat memperoleh informasi dengan bertindak sebagai pihak yang pasif, yaitu mendengarkan dengan seksama suatu kegiatan dialog interaktif yang dilakukan oleh orang lain.

Dari kegiatan mendengarkan tersebut kamu dapat mencatat hal-hal penting dan menyimpulkan isi dialog yang kamu dengarkan itu. Sama halnya dengan berita, dalam dialog interaktif kamu juga harus menerapkan prinsip 5W + 1H, atau dikenal dengan istilah ADIKSIMBA 

  1. What   : Apa yang dibicarakan?
  2. Where : Di mana dialog dilakukan?
  3. When  : Kapan dialog dilakukan?
  4. Who    : Siapa yang berdialog?
  5. Why    : Mengapa dialog dilakukan?
  6. How    : Bagaimana hasil dialog tersebut?
Hal-hal berikut perlu diperhatikan dalam mendengarkan dialog interaktif agar informasi-informasi penting tidak terlewatkan.
  1. Dengarkan dengan seksama setiap pernyataan yang dikemukakan oleh pewawancara atau narasumber.
  2. Catatlah pokok-pokok pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara
  3. Perhatian dengan seksama jawaban yanng dikemukakan oleh narasumber.
  4. Catatlah gagasan-gagasan penting yang dikemukakan oleh narasumber.
Selain gagasan-gagasan penting yang dikemukakan oleh narasumber, dalam sebuah dialog interaktif juga terdapat informasi yang tersirat. Informasi yang tersirat ini tidak dinyatakan secara tegas oleh pewawancara atau narasumber. Pendengar atau penonton harus dapat menyimpulkan sendiri informasi tersebut. Oleh karena itu, seorang pendengar yang baik harus menyimak dialog dengan seksama dari awal hingga akhir.

0 Response to "Pengertian Dialog Interaktif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel